Membuat Visa Nepal

Pada Agustus 2012 yang lalu saya berkesempatan untuk mengunjungi negara Nepal. Negara yang cukup asing untuk sebuah tujuan wisata biasa tapi akan menjadi sangat tidak asing terkenal bagi para petualang yang menyukai kegiatan hiking dan trekking.

Bagi warga Indonesia yang ingin berkunjung ke Nepal diperlukan Visa Nepal dan cara mendapatkan Visa tersebut sangat mudah karena dapat menggunakan system VOA (Visa on Arrival). Artinya kita tinggal membuat Visanya saat kita sampai di bandara Nepal. Prosesnya pun singkat dan tidak lebih dari 5 menit. Yang bikin lama cuman ngisi formulir dan menunggu antrinya saja.

Adapun persyaratan membuat Visa Nepal secara VOA adalah :

1.       Passport (yang ini pastilah ya…)

2.       Mengisi form imigrasi (dikasi waktu di pesawat atau minta aja pas udah sampe di airport)

3.       Mengisi permohonan Visa (Disediakan di bandara. Formnya cuman satu lembar dan ngisinya gampang). Form yang saya dapatkan seperti ini atau link lengkapnya disini

4.       Membawa pas poto 4×6 (1 lbr). Kalaupun lupa membawa, di bandara udah disediain counter studio mini buat bikin pas potonya.

5.       Membayar biaya pembuatan Visa seharga 25USD untuk 15 hari, 40USD untuk 30 hari dan 100 USD untuk 90 hari. (Bisa dibayar dengan mata uang USD, HKD, EURO, GBP, SGD, dll. *rupiah ga ada di dalam listnya.)

Adapun negara yang tidak bisa membuat visa Nepal secara VOA adalah :

Nigeria, Ghana, Zimbabwe, Swaziland, Cameroon, Somalia, Liberia, Ethiopia, Iraq, Palestine, Afghanistan.

Suasana waktu antri bikin Visa (maaf potonya asal, takut dimarahin petugas imigrasi :D)

Visa Nepal untuk 15 hari
About these ads